Banyak Terserang Hama, Pemerintah Diminta Waspadai Produksi Beras

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah diminta terus memantau kondisi produksi beras nasional. Ini karena sejak awal tahun, muncul serangan hama di berbagai sentra produksi padi di Indonesia.

Guru Besar Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Santosa mengaku, dari pantauan di lapangan, hingga saat ini ada sekitar 407 ribu hektare (ha) lahan pertanian padi yang terserang hama.

“Serangan sekarang hama luas biasa. Dulu Pak Menteri (Pertanian) bilang masih aman, hanya 1.000 ha. Ini ada 407 ribu ha di seluruh Indonesia. Ini dari pantauan di lapangan, kelihatannya bisa lebih tinggi lagi,” ujar dia di Jakarta, Selasa (8/7/2017).

Dwi mengungkapkan, lahan pertanian yang terserang hama ini antara lain di Indramayu, Purbalingga, Magelang, Kediri, Trenggalek, dan lain-lain. Ini belum termasuk daerah pertanian lain di luar Jawa.

“Ada petani di Indramayu itu rugi 40-50 persen dari hasil pertaniannya. Jadi, produksi padi 2017 ini perlu kita waspadai,” jelas dia.

Oleh sebab itu, lanjut Dwi, pemerintah harus segera membenahi data pangan yang ada saat ini. Pemerintah diharapkan tidak puas dengan harga yang stabil pada saat puasa dan Lebaran kemarin.‎

“Persoalan beras harus lihat data. Ini persoalan besar. Ketika kebijakan didasarkan pada data yang salah, yang dirugikan bukan hanya konsumen, tapi juga produsen, pelaku usaha,” tandas dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s